Jalankan Aksinya di Berbagai Propinsi di Kalimantan, Komplotan Curat Berhasil Dibekuk Jajaran Polres Kutai Timur

Rabu, 15 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SANGATTAKU – Wakapolres , Kompol Herman Sopian, mewakili Kutai Timur, AKBP Ronni Bonic, memimpin gelaran konferensi pers pada hari ini, Rabu (15/11/2023) guna merilis beberapa kasus yang berhasil diungkap oleh Jajaran , salah satu kasus yang diungkap adalah dengan pemberatan yang terjadi di wilayah Kecamatan Teluk Pandan beberapa waktu lalu.

Jajaran Polres Kutai Timur saat memberikan keterangan pada press release, Rabu (15/11/2023). (Meika/sgtu)

Diungkapkan Kompol Herman, terungkapnya kasus ini bermula dari laporan polisi (LP) yang dilaporkan pada tanggal 3 November 2023 di Polres Kutai Timur. Kasus ini terkait dengan pencurian dengan pemberatan, yang berkenaan dengan pasal 363 ayat 2 KUHP.

Menurut Kompol Herman Sopian, kejadian pencurian tersebut terjadi pada hari Jumat, tanggal 3 November 2023, sekira pukul 1 dini hari di Kecamatan Teluk Pandan. Tempat kejadian perkara (TKP) adalah sebuah bangunan gudang milik yang bergerak di bidang atau makanan dan minuman.

“Pelaku melakukan tindakan pencurian dan pengerusakan di malam hari dengan melibatkan lebih dari 2 orang,” ucap Kompol Herman Sopian menjelaskan.

Kronologis kejadian ini dimulai pada pagi hari Jumat, tanggal 3 November 2023, ketika petugas perusahaan memasuki gudang pada pukul 07.30 WITA pagi. Mereka menemukan pintu gudang terbuka dan rolling door rusak. Beberapa fasilitas kantor dan brankas dalam gudang tersebut juga ditemukan dalam keadaan dirusak.

Petugas perusahaan pun kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek terdekat, dan kemudian diteruskan ke Polres Kutai Timur. Setelah menerima laporan, Polres Kutai Timur atas arahan Kapolres Kutai Timur, AKB Ronni Bonic, segera membentuk tim gabungan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Kutai Timur, AKP . Tim ini berkolaborasi dengan tim Jatanras dan berkoordinasi dengan Polda Selatan (Kalsel) dan juga Polda Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal tersebut, karena modus operandi yang sama terdeteksi di beberapa tempat, sehingga dilakukan koordinasi lintas daerah.

Alhasil, dalam waktu singkat, tepatnya pada tanggal 5 November 2023, jajaran Reskrim Polres Kutai Timur bersama tim gabungan yang dibentuk, berhasil menangkap 5 orang pelaku di bilangan Kota Samarinda. Dari 5 pelaku, 4 di antaranya memiliki tempat kejadian perkara (TKP) di Palangkaraya (Kalimantan Tengah), dua TKP di wilayah Polda Kalsel, dan satu TKP di Kutai Timur.

Lebih jauh, Kompol Herman menyatakan, dari 5 pelaku yang berhasil diamankan, hanya satu pelaku yang ditahan di Polres Kutai Timur, 4 lainnya, digelandang ke Mapolda Kalimantan Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Untuk 4 pelaku lagi, setelah kita periksa, kita koordinasi dengan Polda Kalimantan Selatan, dibawa ke Mapolda Kalimantan Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut, dengan TKP di sana, ada 2 TKP dengan kerugian di atas 1 miliar,” papar Wakapolres menjelaskan.

Kerugian total yang diakibatkan oleh aksi pencurian komplotan ini terbilang cukup fantastis, dengan kerugian total mencapai lebih dari 1 miliar rupiah. Untuk TKP di Kutai Timur sendiri, akibat perbuatan komplotan tersebut, kerugian yang ditimbulkan ditaksir sekira 41 juta rupiah.

Barang bukti yang berhasil diamankan, uang tunai sebesar 1,9 juta rupiah, satu kendaraan roda empat bermerk Xenia termasuk beberapa plat nomor kendaraan roda 4 yang diduga digunakan untuk melancarkan aksinya dan mengelabui petugas guna menghilangkan jejak, 3 buah linggis, 2 buah obeng, 1 buah gunting baja, tali , 1 buah handphone, satu rantai besi, dan juga satu brankas besi merk Kobra berwarna putih.

Pelaku akan dihadapkan pada hukum dengan pasal 263 ayat 2 KUHP pidana, dengan ancaman hukuman penjara, paling lama 9 tahun kurungan.

Dalam kesempatan ini juga, Kasatreskrim Polres Kutai Timur, AKP Dimitri Mahendra Kartika menekankan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras tim gabungan dan koordinasi lintas daerah.

“Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat. Tidak akan ada tempat bagi pelaku kejahatan di wilayah hukum kami,” tegasnya. (Meika/sgtu)

585Dibaca

Berita Terkait

Kunjungi Korban Kebakaran Bengalon, Arfan Siapkan Sejumlah Bantuan
Lagi! Oknum Pengetap BBM Diamankan Polres Kutim
58 Remaja Terjaring Razia Aksi Balap Liar di Kutai Timur, Polisi Sita Motor dan Copot Knalpot Brong
Jago Merah Kembali Beraksi Di Kawasan Kabo Jaya
Dua Pengedar Narkoba Dibekuk, Ratusan Gram Sabu Diamankan Tim Polres Kutim
Rekapitulasi Hasil Pileg DPRD Kabupaten Dapil Kutai Timur I Berujung Ricuh
Gadis Berusia 10 Tahun di Sangatta, Digilir Ayah dan Kakak Kandung, Bak Tak Mau Kalah, Ibu Kandung Turut Cabuli Putri Kecilnya
Polres Kutim Bekuk 3 Pelaku Kasus Illegal Oil

Berita Terkait

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:44 WITA

Kunjungi Korban Kebakaran Bengalon, Arfan Siapkan Sejumlah Bantuan

Senin, 18 Maret 2024 - 19:35 WITA

58 Remaja Terjaring Razia Aksi Balap Liar di Kutai Timur, Polisi Sita Motor dan Copot Knalpot Brong

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:18 WITA

Jago Merah Kembali Beraksi Di Kawasan Kabo Jaya

Jumat, 1 Maret 2024 - 13:29 WITA

Dua Pengedar Narkoba Dibekuk, Ratusan Gram Sabu Diamankan Tim Polres Kutim

Selasa, 27 Februari 2024 - 16:31 WITA

Rekapitulasi Hasil Pileg DPRD Kabupaten Dapil Kutai Timur I Berujung Ricuh

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:56 WITA

Gadis Berusia 10 Tahun di Sangatta, Digilir Ayah dan Kakak Kandung, Bak Tak Mau Kalah, Ibu Kandung Turut Cabuli Putri Kecilnya

Rabu, 24 Januari 2024 - 17:45 WITA

Polres Kutim Bekuk 3 Pelaku Kasus Illegal Oil

Jumat, 19 Januari 2024 - 17:45 WITA

Balita di Kutim Mengidap Penyakit Seksual Usai Dicabuli Paman

Berita Terbaru

Pendidikan & Sosial Kebudayaan

Kutai Timur Lipat Ganda Anggaran Beasiswa SD-SMP, Komitmen Dorong Pendidikan Berkualitas

Kamis, 4 Apr 2024 - 13:28 WITA

Pendidikan & Sosial Kebudayaan

Optimalkan Kurikulum Merdeka, Kutim Gelar Pelatihan untuk Guru Bahasa Inggris

Kamis, 4 Apr 2024 - 13:14 WITA

Maaf, Klik Kanan Tidak Diperkenankan Pada Laman Ini
Maaf, Text Pada Laman Ini Tidak Dapat Diseleksi
Sorry this site is not allow cut.
Maaf, Tidak Diizinkan Mencopy Isi Laman Ini
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.