Diskop UKM, Bimtek Kemitraan Upaya Identifikasi Permasalahan Kemitraan Koperasi

SANGATTAKU – Kepala Dinas , Usaha Mikro Kecil dan Menengah () Timur menyebut, salah satu tujuan digelarnya bimbingan teknis () ini, salah satunya adalah, sebagai upaya identifikasi permasalahan kemitraan yang dihadapi Koperasi.

pembukaan bmtek
Pembukaan Bimtek Kemitraan dan Jaringan Usaha Koperasi Perkebunan, Teras Balad Cafe & Resto (22/11/2021). (foto:Istimewa)

Kegiatan bimtek yang berfokus pada kemitraan dan jaringan usaha koperasi perkebunan tersebut, dibuka oleh Kadiskop UKM Timur, Darsafani, Senin (22/11/2021). Bimtek yang digelar di Teras Balad Cafe dan Resto tersebut, diikuti oleh 28 peserta.

“Salah satu tujuan lainnya adalah, terjalinnya dan kemitraan usaha antara koperasi dan pelaku usaha lainnya, guna lebih memperkokoh perekonomian di Timur,” papar Darsafani.

Lebih lauh dirinya berharap, melalui bimtek, dapat teridentifikasi permasalahan yang selama ini sering dihadapi koperasi dalam menjalin kemitraan.

Selain itu, dengan bimtek tersebut, bisa diketahui dampak positif dari kemitraan perkebunan dalam pengembangan potensi ekonomi. Dan yang paling penting, adalah diversifikasinya terhadap usaha koperasi itu sendiri.

Terakhir, Darsafani berharap, bimtek yang digelar dapat membuahkan hasil yang baik. Dirinya juga berharap, beberapa rekomendasi untuk lebih memberdayakan koperasi pada pihak terkait, dalam hal ini adalah perusahaan sebagai mitra jaringan usaha.

Untuk diketahui, 28 peserta yang mengikuti bimtek tersebut, berasal dari berbagai koperasi di kecamatan yang ada di Kabupaten Timur. Antara lain, Kecamatan , Kaliorang, Kaubun dan Karangan, serta Kecamatan Sangkulirang, Kongbeng, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan Muara Wahau, berikut Kecamatan .(/adv/bl)

Baca Juga  Laju Perkembangan Teknologi Informasi, SDM Harus Mampu Adaptasi