Sangattaku

Penangkaran Buaya Potensi Tambah PAD Kutai Timur

SANGATTAKU – Penangkaran memiliki potensi yang cukup besar dalam menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Timur. Kendati demikian, penangkaran belumlah memang dimiliki, meski Kabupaten memiliki habitat yang sangat banyak.

Tidak hanya itu, Timur juga memiliki spesias buaya yang cukup langka, yaitu Buaya Badas. Sehingga , diyakini oleh Bupati Timur akan mampu menjadi salah satu sumber PAD dari lini pariwisata.

Hal tersebut dikemukakan langsung oleh sesaat setelah mengikuti jalannya video conference (vidcon) Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2021 (24/11/2021). Dirinya mengatakan, penangkaran buaya dalam skala besar, tentu akan menjadi salah satu potensi wisata di Timur.

penangkaran buaya
Bupati Timur Ardiansyah Sulaiman bersama Ketua Joni saat mengikuti jalannya vidcom (24/11/2021). (foto: Istimewa)

Bupati menambahkan, dirinya ingin membangun penangkaran buaya dalam skala besar di dua lokasi, yaitu dan juga di sekitar Kenyamukan. “Karena di sana terhitung yang paling banyak buayanya. Kenapa di Muara , karena dekat dengan pantai Sekerat. Lalu kenapa di Kenyamukan, karena dekat dengan pantai kenyamukan dan pelabuhan juga dekat dengan para nelayan,” ucapnya, Rabu (24/11/2021).

Wujudkan Penangkaran Buaya Butuh Investor

Untuk mewujudkan penangkaran buaya dimaksud, Bupati mengaku sedikit pesimis. Dirinya mengungkapkan tidak akan mampu terwujud jika melihat dana APBD yang dimiliki Timur.

Untuk itulah dirinya dengan terbuka, mengajak para investor untuk bisa berinvestasi mewujudkan penangkaran buaya dimaksud.

“Jangan kira buaya masuk penangkaran hanya dibiarkan. Buaya itu makannya ayam segar, coba bayangkan berapa harganya ayam itu,” terangnya.

“Penangkaran buaya menjadi peluang besar bagi Kabupaten Timur, karena terintegrasi oleh wisata pantai yang ada,” imbuhnya pula.

Untuk itu, dirinya berharap ada investor diluar sana yang mampu menangkap peluang ini. Bupati berencana menggandeng investor untuk pembiayaan perawatan pada penangkaran buaya nantinya.

Baca Juga  Tanggapi Pendapat Bupati Terhadap Raperda Inisiatif Ketenagakerjaan, Asmawardi Berharap Segera Dibentuk Pansus

“Iya semoga dengan adanya rekan-rekan media bisa dibaca oleh para investor diluar sana, dan membuka pikiran mereka untuk menjalin kerja sama dengan ,” pungkasnya.(/adv/bl)