Kembangkan Potensi Koperasi di Kutai Timur, Diskop UKM Gelar Bimtek

SANGATTAKU – Bimbingan Teknis () kembali digelar oleh Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah ( ). Bimtek yang rencananya digelar selama tiga hari, 22-24 November 2021, ditujukan guna mengembangkan potensi yang ada di Kutai Timur.

Acara yang digelar juga untuk memperkokoh perekonomian rakyat dan memperluas jaringan usaha tersebut, dibuka langsung oleh Kepala , Darsafani, dilaksanakan di Cafe Teras balad, Utara (22/11/2021). Acara tersebut diikuti sebanyak 28 peserta, dan keseluruhan peserta terdiri dari berbagai yang ada di kecamatan-kecamatan di .

Adapun kecamatan tersebut antara lain, Bengalon, Kaubun, Kaliorang, Karangan,, Kongbeng, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan juga Rantau Pulung.

Bimtek Digelar Guna Kembangkan Potensi di Kutai Timur

“Harapan dan tujuan dilakasanakan Bimtek Kemitraan dan Jaringan Usaha Perkebunan ini untuk mendapatkan data yang akurat tentang perkembangan koperasi kemitraan perkebunan, perkembangan partisipasi anggota terhadap pelayanan, aset dan luasan kebun, kemitraan, permodalan, keuntungan(SHU) serta peluang usaha yang lain menjadi kemitraan,” ujar Darsafani saat menyampaikan sambutan.

Suasana pembukaan acara bimtek di Teras Balad Cafe and Resto (22/11/2021). (foto: Istimewa)

“Tujuannya lainnya agar terjalin kerjasama dan kemitraan usaha antara koperasi dengan pelaku usaha lainnya agar lebih memperkokoh perekonomian di Kutai Timur,” imbuhnya pula.

Sebelumnya Darsafani menjelaskan, bimtek ini dilaksanakan oleh Diskop UKM sebagaimana peran dan fungsinya, dengan dilandasi wewenang pemerintah kabupaten. Dirinya juga berharap bimtek ini dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi koperasi dalam menjalin kemitraan. Dihrapkan pula bisa memberikan pemahaman akan dampak positif dari kemitraan perkebunan dalam pengembangan potensi ekonomi dan adanya diversifikasi usaha koperasi.(/adv/bl)

Baca Juga  Kunjungan Komisi IV DPRD Kukar, Ery Paparkan Digitilasasi di Kutai Timur