Sangattaku

Buka Orientasi Cross Country, Asti Harap Dapat Lahirkan Penerus Bangsa yang Tangguh

Sangattaku.com – Buka Orientasi Cross Country, Asti harap dapat lahirkan penerus bangsa yang tangguh. Orientasi Cross Country perkenalan perkemahan Saka Wira Kartika IV 2022 yang merupakan Ranting binaan Koramil dari jajaran Kodim 0909/KTM resmi dibuka (03/11/2022).

Bertempat di Desa Martadinata, Kecamatan , Wakil Ketua I DPRD yang juga berlaku sebagai Ketua Kwarcab (), membuka jalannya acara.

Buka Orientasi Cross Country, Asti Harap Dapat Lahirkan Penerus Bangsa yang Tangguh
Wakil yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kutai Timur, saat mengikuti rangkaian pembukaan Orientasi Cross Country di Desa Martadinata (03/11/2022).(foto:/istimewa)

Dalam sambutannya, berharap, selaama kepengurusan telah dibentuk, peran Kwarcab Pramuka di dapat menjadikan generasi muda yang tangguh dan berprestasi.

“Program yang ada selama ini nantinya diharapkan menjadi program yang baik dan bermutu,” harapnya.

“Sehingga bisa menjadikan generasi muda dan penerus bangsa yang tangguh,” lanjutnya pula.

Salah satu satuan karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia adalah Saka Wira Kartika. Hal tersebut dijelaskan oleh Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto, melalui Pasiter Kodim 0909/KTM Kapten Inf Arif Safardiyatno yang juga hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut.

“Dibentuk melalui kerja sama antara Kwartir Nasional gerakan Pramuka dengan Angkatan Darat,” paparnya.

“Untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara,” lanjutnya menjelaskan.

Menurutnya, Orientasi Cross Country Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan pengenalan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Arif menjelaskan, kegiatannya dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

“Saka Wira Kartika dibentuk sebagai salah satu upaya untuk membentuk Patriot Bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa,” ungkap Kapten Inf Arif.

“Tentunya, termasuk menjaga keutuhan negara Republik Indonesia,” tutupnya.(*/bl)

Baca Juga  Rakerda II PAN Kutim, Pilpres 2024 Usulkan Dua Nama Selain Zulkifli Hasan