Sangattaku

dr Bahrani: Jangan Sepelekan Penyakit, Jangan Tunggu Komplikasi

Sangattaku.com – dr : Jangan sepelekan penyakit, jangan tunggu komplikasi. Covid 19 belum bisa dikatakan berlalu, maraknya kasus gagal ginjal pun mewarnai dunia kesehatan di Indonesia saat ini.

Menyikapi hal tersebut, kepala Dinas Kesehatan , dr menghimbau warga untuk selalu menjaga prokes, serta menjaga daya tubuh, salah satunya dengan berpola hidup sehat.

Kendati demikian, juga menghimbau masyarakat untuk tidak menyepelekan penyakit-penyakit lain. Sebagai seorang dokter, dirinya mengatakan, sejatinya segala jenis penyakit tidak dapat disepelekan, meski penyakti-penyakit yang selama dipandang enteng, seperti flu dan batuk.

“Yang namanya penyakit ya tetap saja tidak boleh disepelekan. Padahal kalau flu misal tidak sembuh-sembuh, bingung juga pasti kan,” terangnya.

"Kita sudah fasilitasi tenaga kesehatan (Nakes) untuk memberikan pelayanan yang terbaik, jadi langsung periksakan, jangan sepelekan dan nunggu komplikasi," tegasnya
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, dr Hassanal.(foto:/istimewa)

Untuk itu, kembali mengingatkan, agar masyarakat waspada terhadap segala jenis penyakit yang ada, baik itu menular maupun tidak.

“Ada demam berdarah (DBD), HIV, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, asam lambung, darah rendah, bronkitis, cacar, kanker dan lain sebagainya,” paparnya.

Melanjutkan, Bharani juga mengingatkan, agar sekiranya jika terdapat keluhan penyakit, masyarakat tidak meminum obat berdasarkan diagnosa sendiri, atau bahkan dari internet.

“Kita sudah fasilitasi tenaga kesehatan (Nakes) untuk memberikan pelayanan yang terbaik, jadi langsung periksakan, jangan sepelekan dan nunggu komplikasi,” tegasnya.(*/bl)

Baca Juga  Buaya Penerkam Bocah 8 Tahun Di Bengalon, Berhasil Ditangkap