Sangattaku

Jelang Asesmen Nasional Berbasis Komputer, 112 SD di Kutai Timur Terima Bantuan Chromebook

Sangattaku.com – Jelang , 112 SD di Terima Bantuan Chromebook. Pemerintah Pusat menggelontorkan bantuan Laptop Cromebook melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk 112 Sekolah Dasar (SD) di (). Bantuan ini diberikan dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai pengganti ujian nasional.

Diharapkan pula, sekolah dapat selalu mampu beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi digitalisasi yang ada saat ini. Pemerintah daerah telah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan kapabilitas anak-anak murid terkait dengan peningkatan penguasaan teknologi informasi.

Plt melalui Kabid Dasar Uud Sudiharjo mengatakan, setiap sekolah mendapatkan masing-masing 15 unit chromebook, dirinya juga menerangkan bahwa chromebook tersebut tidak bisa dibawa pulang, pemakaiannya hanya boleh dilakukan di lingkungan sekolah saja.

Kabid Dasar Dinas Kutai Timur, Uud Sudiharjo saat memberikan sambutan. (foto:/istimewa)

Menurutnya, chromebook ini bisa membantu dalam proses pembelajaran karena langsung ada jaringan internetnya, serta jumlah bantuan yang diberikan pada masing-masing SD juga sudah cukup untuk pelaksanaan ANBK, sebab bisa dipakai bergantian.

“Bantuan ini diberikan oleh pusat untuk pelaksanaan asesmen nasional, kalau hari-hari biasa bisa dipakai oleh guru dalam membantu proses pembelajaran, karena langsung ada jaringan internetnya,” ujar Uud Sudiharjo, Rabu (09/11/2022).

“Bantuan TIK ini juga bertujuan memberikan fasilitas untuk mendukung Kebijakan ANBK, yang dimana ANBK ini sendiri berbasis komputer,” sambungnya.

“Kalau asesmen satu kali test kan hanya 15 orang, artinya sangat mencukupi untuk di jenjang SD,” pungkas Uud.(*/bl)

Baca Juga  Tiga Hari Berturut-turut Distribusikan Bantuan Korban Banjir, Hari Ini Pusaka Gandeng LBN