Sangattaku

Dispar Yakin Mampu Dongkrak PAD Melalui Sektor Pariwisata

SANGATTAKU – Kepala Dinas (Dispar) , Nurullah, yakin mampu dongkrak pendapatan asli daerah () melalui sektor pariwisata.

Nurullah mengungkapkan, potensi di Kutai Timur sangatlah besar. Namun, berdasar survey yang dilakukan oleh timnya, banyak potensi pariwisata di Kutim belum tersentuh. Ditambahkannya, jika dikelola dengan baik, sektor pariwisata diyakininya akan mampu dongkrak Kutim secara signifikan.

Selain kaya akan batubara dan hasil perkebunan, dilanjutkannya, Kabupaten Kutai Timur juga menyimpan banyak keindahan alam. Bahkan, hampir di tiap-tiap kecamatan, memiliki wisata-wisata yang sangat berpotensi meningkatkan PAD.

“Seperti yang sudah disampaikan oleh pak Basti tempo hari, saya jadi berkesimpulan ternyata saat ini masih banyak potensi yang ada di Kutim, dan belum kita eksplor,” ucap Nurullah, Selasa (02/11/2021).

Dispar Yakin Mampu Dongkrak PAD Melalui Sektor Pariwisata
Kepala Dinas Pariwisata Kutai Timur, Nurullah dalam salah satu kesempatan wawancara. (foto:Istimewa)

Dirinya pun mengaku sangat bersemangat untuk bisa lebih mengeksplorasi lebih jauh lagi potensi pariwisata yang ada. Hal tersebut, lantaran sering di berbagai kesempatan, menyampaikan tentang peningkatan sektor pariwisata, yang nantinya bisa menjadi sumber PAD.

Pariwista Diyakini Mampu Dongkrak Jangka Panjang

Sektor pariwisata ini keepannya, tentu diharapkan akan menjadi salah satu penyumbang Kutim dalam jangka panjang. Nurullah melanjutkan, hanya saja saat ini yang paling utama adalah fasilitas dan konsep yang akan disuguhkan pada para wisatawan baik masyarakat lokal maupun luar daerah.

“Kita memang memiliki banyak rancangan, tetapi yang paling utama saat ini adalah, bagaimana kita mengonsep, serta fasilitas apa yang akan kita suguhkan untuk para wisatawan,” ucapnya.

Selain menjadi bagi daerah, peningkatan pariwisata ini juga bisa menjadi peluang kerja. Dan tentunya bisa membantu perekonomian bagi masyarakat sekitar.(/adv/bl)

Baca Juga  Hadiri Manasik Haji IPHI Kutim, Kemenag Kutim Tekankan Info Haji Hanya Satu Pintu