Sangattaku

Sidak Pasar di Dua Kecamatan, Wabup Kutim Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

SANGATTAKU.COM di dua kecamatan, Wabup pastikan stok bahan pangan aman. Guna memastikan stok bahan pangan aman menjelang Ramadhan, (Wabup ), , melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tradisional Selatan dan juga Pasar Induk Sangatta (02/04/2022).

Mendampingi Wabup, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto, Kadisperindag H Zaini dan Kasatpol PP Didi Herdiansyah. Selain itu, hadir pula Ketua Fraksi Golkar Sayid Anjas, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah, dan sejumlah unsur lainnya. Termasuk Ketua Aliansi Jurnalis (AJKT) Sukriadi.

Sidak Pasar di Dua Kecamatan, Wabup Kutim Pastikan Stok Bahan Pangan Aman
Wakil , Kasmidi Bulang di salah satu stand pedagang telur saat sidak di Pasar Induk Sangatta (02/04/2022).(foto: bollem/sangattaku)

Tujuan sidak pasar, Wabup melanjutkan, selain memastikan stok bahan pangan, juga untuk memastikan stabilitas harga bahan pangan menjelang bulan Ramadhan.

“Kami mengecek ketersediaan sembako dan harga pangan, alhamdulillah semua normal. Kalaupun harga ada naik, tidak terlalu signifikan berdampak,” ucap Kasmidi.

Sidak Pasar, Pedagang Akui Ada Sedikit Kendala Stok Daging Sapi

Selama sidak, Kasmidi dan rombongan menyapa dan berdialog dengan beberapa pedagang seperti penjual sembako, daging, minyak goreng, serta telur.

Salah seorang pedagang daging mengaku, sempat ada persoalan ketersediaan daging, sebab adanya Sangatta beberapa waktu lalu. Namun hal itu sudah mulai kembali normal. Wabup pun menyatakan, akan terus memantau persoalan ketersediaan daging sapi, mengingat sendiri belum memiliki peternakan yang memadai.

Sidak Pasar di Dua Kecamatan, Wabup Kutim Pastikan Stok Bahan Pangan Aman
Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang di salah satu stand pedagang daging sapi saat sidak di Pasar Induk Sangatta (02/04/2022).(foto: bollem/sangattaku)

“Mungkin di pertengahan , kami akan lakukan sidak kembali dan menjelang Idul fitri. Sebab tidak dipungkiri seperti daging itu kita masih ketergantungan dari wilayah luar,” ungkap Kasmidi.

Kasmidi dan rombongan mengawali sidak di Pasar Sangatta Selatan, ke sejumlah pedagang dan diakhiri di Pasar Induk Sangatta Utara

Seusai melakukan peninjauan, Kasmidi memastikan stok bahan pokok pangan aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam masa Ramadan kali ini.

Baca Juga  Siang Bolong, Si Jago Merah Mengamuk di Jl. Kutai Indah

Sementara itu, Kadisperindag Kutim, H Zaini ketersediaan minyak goreng masih aman. Namun di setiap toko, harga minyak gorengnya masih berbeda-beda. Zaini mengatakan, penyebab hal tersebut adalah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang naik.

“Saat ini kita masih melakukan permohonan dari Bontang untuk bantuan stok minyak goreng agar mendorong penyamaan harga di pasar,” ucap Zaini.

Zaini juga memastikan ketersediaan minyak goreng di Toko Pulo Mas saat ini memiliki stok hingga 3.600 liter. (*/bl)