Sangattaku

Laju Perkembangan Teknologi Informasi, SDM Harus Mampu Adaptasi

SANGATTAKU – Laju perkembangan , SDM harus mampu adaptasi. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik ( Perstik) , saat membuka jaringan teknologiĀ  informasi dan komunikasi (TIK) di Royal Hotel Victoria , Selasa pagi (23/11/2021).

menyebut, jaringan teknologi komunikasi merupakan interkoneksi antar teknologi yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Terlebih perkembangan teknologi sekarang kian pesat dalam setiap hal yang berdampak pada setiap orang.

Kepala Diskominfo Kutai Timur
Kepala Kutai Timur, Ery Mulyadi, saat diwawancai awak setelah membuka acara Jaringan Teknologi Informatika dan Komunikasi, Sangatta (23/11/2021). (foto:Istimewa)

“Perkembangan teknologi informasi yang signifikan, menjadikan perubahan yang mulai merambah dalam setiap hal, yang dijajaki, dan diperdalam oleh teknologi,” ucap Ery.

Dilanjutkannya, manusia harus dapat beradaptasi mengikuti lajunya perkembangan teknologi. Baik mulai dari perangkat komputer, komputerisasi sistem data, perangkat lunak, hingga perkembangan teknologi informasi. Khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memang bergerak di bidang TIK, dalam hal ini adalah SDM .

Teknologi kian mewabah, lanjutnya. Contoh saja dalam perkembangan komunikasi. Perubahan dalam pemanfaatan teknologi komunikasi, menjadi salah satu bukti, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melaju dengan pesat, disadari maupun tidak.

Banyak apilkasi jaringan dan komunikasi yang bahkan telah menggunakan jaringan sendiri saat ini. Hal itu juga bukti, bahwa persaingan dalam teknologi informasi semakin ketat.

“Tidak hanya itu, jaringan informasi yang ada bahkan sudah diakses, dan dikenal oleh banyak orang tanpa adanya publikasi,” lanjut Ery.

Untuk itu, Kepala Diskominfo Perstik tersebut berharap, dengan adanya jaringan TIK ini, dbisa memberikan pemahaman perihal jaringan TIK, dan tentunya diharpakan pula bisa mengembangkan kualitas teknis SDM di bidang jaringan, sehingga mempunyai daya saing di tengah pesatnya laju teknologi.(/adv/bl)

Baca Juga  Kawasan Bukit Pelangi Jadi Destinasi Wisata, Ini Kata Sekda