Kawal Pembangunan Bendungan Mampang Hampir Dua Tahun Lamanya, Hari Ini Arfan Gelar Syukuran

Sangattaku.com – Kawal pembangunan hampir dua tahun lamanya, hari ini gelar syukuran. Sebuah bendungan, kini resmi beroperasi di Dusun , Desa Kecamatan , (). Selain Dusun Mampang, manfaat bendungan juga akan berdampak pada masyarakat Dusun Sekerat.

Selasa siang (24/05/2022), Wakil , Arfan, menggelar syukuran di kawasan bendungan yang berjarak sekira 1,3 kilometer dari pemukiman warga tersebut. Syukuran tentu, adalah atas terbangunnya , yang setelah hampir dua tahun, akhirnya rampung dan resmi beroperasi.

Sejak pertengahan 2020, Arfan telah memberikan support untuk pembangunan bendungan tersebut. Arfan mengakui, ia telah menggelontorkan dana pembangungan bendungan melalui penganggaran dana aspirasinya sebanyak dua kali. Yakni Rp85.000.000,- di pertengahan tahun 2020, kemudian tahap kedua Rp125.000.000,- hingga akhirnya bendungan tersebut selesai dan bisa beroperasi.

Kawal Pembangunan Bendungan Mampang Hampir Dua Tahun Lamanya, Hari Ini Arfan Gelar Syukuran
Arfan (kedua kanan) menggelar syukuran atas terbangunnya Bendungan Mampang, Selasa (24/5/2022), didampingi Darjad, Arman Mando, Sukriadi, Arisulo, dan puluhan warga.(foto:/HO AJKT)

“Hari ini kita menggelar syukuran atas terbangunnya ini, yang sudah beroperasi melayani kebutuhan air bersih warga sejak beberapa waktu lalu,” papar Arfan.

“Semoga ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di pedalaman Dusun Mampang ini, bahkan juga nantinya bisa sampai ke Sekerat,” imbuhnya pula.

Mendampingi Arfan, turut hadir Kepala Dusun Mampang, Darjad berikut Ketua RT 05, Arisulo. Selain itu, hadir pula Pelaksana Kegiatan, Arman Mando, Ketua AJKT Sukriadi, dan juga sejumlah warga.

Dalam kesempatan itu Arfan juga berharap, kiranya ke depan, kapasitas bendungan bisa lebih besar lagi. Sejauh ini, Arfan menambahkan, bendungan telah mampu melayani kebutuhan, setidaknya 50 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Mampang dan Dusun Sekerat.

Tak Hanya Bendungan, Arfan Akan Kawal Pembangunan Infrastruktur Hingga Kebutuhan Listrik Warga

Menambahkan, selain kebutuhan air bersih, Arfan berjanji akan mengupayakan kebutuhan listrik warga setempat, mengingat layanan dari PLN belum dapat beroperasi selama 24 jam penuh.

Baca Juga  Sambut HUT Kutim ke 22, KPC Resmikan Pusat Pembibitan Unggas Lokal, Penuhi 30% Kebutuhan DOC Kaltim.

“Ke depannya, bendungan ini juga akan kita upayakan lagi melalui usulan warga. Yakni untuk pembangunan kincir pembangkit tenaga listrik untuk warga setempat,” jelasnya.

“Mengingat di wilayah sini layanan listrik PLN belum melayani 24 jam, sehingga manfaatnya semakin luas,” tambahnya.

Pengelolaan bendungan sendiri ke depan, Arfan menyerahkan sepenuhnya kepada warga untuk mengelolanya secara swadaya. Arfan berharap, warga bisa sebaik mungkin merawat bendungan, agar dapat terus memberikan manfaat.

Kepala Dusun Mampang, Darjad, mewakili warga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Arfan selaku Wakil Ketua . Darjad memberikan apresiasi terhadap Arfan yang merupakan daerah pemilihan Kutim II, karena telah merealisasikan usulan masyarakat setempat.

“Dengan terbangunnya ini, alhamdulillah masyarakat di Dusun Mampang sudah bisa merasakan air bersih yang lancar,” ucap Darjad.

“Terima kasih Pak Arfan, semoga diberikan kesehatan terus, supaya bisa melanjutkan perjuangan untuk memberi manfaat seterusnya,” harap Darjad selanjutnya.

Pelaksana Kegiatan Pembangunan Instalasi Air Bersih Mampang, Arman Mando mengatakan, beberapa usulan warga lainnya akan kembali diperjuangkan untuk melengkapi Bendungan Mampang ini.

“Kami akan usulkan kembali pembangunan tahap lebih lanjut bendungan ini, juga pembangunan kincir angin di bendungan, pembangunan jalan akses, hingga pembangunan jalan tani dan lainnya. Kami sangat bersyukur pembangunan ini terealisasi nyata, semoga berkah dan bermanfaat lebih luas,” papar Arman.(*/bl)