Sangattaku

Faizal Rachman, DBH Sawit Akan Berdampak Baik Bagi Daerah

Sangattaku.com, akan berdampak baik bagi daerah. Usaha yang telah dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Timur, , dalam memperjuangkan Dana Bagi Hasil () komoditas minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), mendapat respon hangat dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ().

Salah satunya yang merespon positif adalah Legislator PDIP Faizal Rachman. Dirinya menilai Sawit akan memberikan dampak yang sangat baik bagi daerah, termasuk Kutim sebagai salah satu daerah penghasil sawit yang belum mendapatkan timbal balik secara maksimal.

Faizal Rachman, DBH Sawit Akan Berdampak Baik Bagi Daerah
, Fraksi , Faizal Rachman.(foto:/istimewa)

Dirinya juga menerangkan bahwa sebagai wakil rakyat, dirinya sudah pernah menyuarakan tuntutan sawit ke Gubernur Kaltim, Faizal juga mengatakan DBH sawit sudah diperjuangkan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pada saat dilantik, salah satu program kami yaitu melakukan kunjungan ke Pak Isran, termasuk saya menyampaikan Pak Gubenur. Provinsi-provinsi lain sudah mulai ‘menggelitik’ untuk menyampaikan tuntutan Sawit, dan baru mulai 2022. Ya luar biasa, kami tentu menyambut baik,” papar Faizal Rachman.

Usulan DBH Sawit ini diakomodir pemerintah pusat melalui UU No.1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD).

Sebagai tambahan informasi, Pemprov Kaltim merupakan salah satu inisiator pembagian DBH Sawit untuk daerah, berserta diikuti 22 Provinsi penghasil sawit lainnya.(*/yr)

Baca Juga  Ratusan Siswa-Siswi Duduki Gedung DPRD Kutai Timur