Sangattaku

Rakerda II PAN Kutim, Pilpres 2024 Usulkan Dua Nama Selain Zulkifli Hasan

Sangattaku.com II Kutim, Pilpres 2024 usulkan dua nama selain Zulkifli Hasan. Hari ini, Minggu (03/07/2022), menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II Partai Amanat Nasional (PAN) (Kutim).

Bertempat di Meeting Room MS Hotel Sangatta, Sekretaris DPW PAN Kalimantan Timur (Kaltim), membuka jalannya rakerda. Seyogyanya, membuka Rakerda II PAN Kutai Timur adalah Ketua DPW PAN , Sigit Wibowo, SE. Namun, politisi PAN tersebut tengah berada di luar daerah dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur.

Rakerda II PAN Kutim, Pilpres 2024 Usulkan Dua Nama Selain Zulkifli Hasan
Sekretaris Wilayah DPW PAN Kalimantan Timur, Sofyan Jaffar saat menyampaikan sambutan di depan undangan para peserta Rakerda II PAN Kutai Timur (03/07/2022).(foto Dok. DPD PAN Kutim)

“Sebelumnya, saya sampaikan permohonan maaf saudara Ketua DPW (Sigit Wibowo),” ucap Sofyan Jaffar di awal sambutan.

Sofyan Jaffar memaparkan, ada hal yang tidak biasa pada pelaksanaan rakerda tahun ini. Jika sebelumnya, pelaksanaan rakerda adalah setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil). Hal tersebut bertujuan guna mensosialisasikan apa yang telah menjadi rumusan Dewan Pimpinan Pusat PAN.

Namun tidak untuk Rakerda kali ini. Sofyan Jaffar melanjutkan, Rakerda tahun ini adalah sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi, dan kesiapan DPD dalam rangka pendaftaran PAN sebagai peserta pemilu.

“Tahun ini justru dibalik, yang ditunggu DPP adalah aspirasi dan kesiapan DPD dalam rangka persiapan untuk pendaftaran partai kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, setelah rangkaian seremonial pembukaan, DPD PAN Kutim pun melaporkan progres kesiapan dalam sidang pleno. Selain kesiapan dan laporan kerja, dalam pleno, melalui DPW , juga meminta DPD menghimpun nama-nama Capres dan Cawapres potensial pada pipres 2024 nanti.

Rakerda II PAN Kutim Mengusung Tiga Nama Bakal Capres Cawapres 2024

Menarik, selain nama Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, DPC PAN se- yang menjadi peserta pleno, meneriakkan sejumlah nama lain. Setelah dihimpun, tiga nama teratas pun resmi ditetapkan dalam pleno sebagai usulan Capres maupun Cawapres 2024 nanti.

Baca Juga  Bawa 11 Tuntutan, Aliansi Rakyat Kutim Bergerak Geruduk Kantor DPRD Kutim
Rakerda II PAN Kutim, Pilpres 2024 Usulkan Dua Nama Selain Zulkifli Hasan
Ilustrasi: Zulkifli Hasan dan dua Capres Cawapres 2024.(gambar ilustrasi: bl/sangattaku.com)

Nama Menteri BUMN, mengekor pada urutan kedua setelah nama Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Sedangkan, pada urutan ketiga, bertengger nama Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor.

“Selanjutnya, laporan dan usulan ini akan kami bawa ke rakerwil, untuk kemudian akan menjadi bahan laporan Wilayah saat rakernas nanti,” ujar Ketua POK DPW PAN Kaltim, Fahrizal Helmi Hasibun, yang memimpin jalannya sidang.

Selain jajaran pengurus internal PAN dari tingkat wilayah hingga ranting, hadir pula Kepala Kesbangpol Kutim, Muhaammad Basuni mewakili  Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Basuni yang juga berkesempatan memberikan sambutan sebelumnya mengatakan, Parpol adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah pemerintahan. Di Kutim, dalam mengeluarkan kebijakan, pemerintah daerah tentu saja harus berkoordinasi dengan DPRD. Dan tentu saja, DPRD adalah wujud perwakilan masyarakat yang mana juga adalah anggota dari partai politik.

Sebelumnya, DPD PUAN Kutai Timur, turut memeriahkan seremonial pembukaan Rapat Kerja Daerah II PAN Kutai Timur tersebut dengan persembahan Gerak Bersama PUAN dalam tari kreasi Tobelo.(*)