Sangattaku

Dinkes Targetkan RS Pratama Muara Bengkal Mulai Beroperasi Akhir Januari 2023

Sangattaku.com – Dinkes targetkan RS Pratama mulai beroperasi akhir Januari 2023. Kepala Dinas Kesehatan , dr berharap, Pratama di yang kini masih dalam proses pembangunan, bisa beroperasi setidaknya akhir Januari 2023 mendatang.

Meski masih dalam proses pembangunan, Bahrani mengaku, pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan, telah memberikan alat kesehatan, guna penunjang operasional Pratama nantinya.

“Kita juga ada bantuan alat kesehatan yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI (Republik Indonesia) untuk Muara Bengkal,” paparnya (18/11/2022).

Dinkes Targetkan RS Pratama Muara Bengkal Mulai Beroperasi Akhir Januari 2023
kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Bahrani Hassanal di salah satu kesempatan wawancara.(foto:/istimewa)

Bahrani menjelaskan, progres pembangunan rumah sakit bertipe D di tersebut saat ini, sudah melebihi 60 persen. Dirinya berharap, pembangunan gedung rumah sakit dapat terselesaikan di bulan Desember ini (2022).

Dengan begitu, jika tidak ada kendala, dapat beroperasi di akhir Januari 2023 nanti.

Kendati demikian, sebagai penunjang utama rumah sakit saat beroperasi nanti, Bahrani mengatakan kini pihaknya masih memikirkan untuk penyediaan sumber daya manusianya (SDM).

Lebih jauh, Bahrani menjelaskan, SDM dimaksud adalah dokter spesialis dan juga tenaga kesehatan lainnya. Dirinya menjelaskan, setidaknya diperlukan empat orang dokter spesialis dan satu orang dokter spesialis anastesi.

“SDM-nya yang lagi kami pikirkan, kita juga sudah ke bagian Ortal Sekkab untuk menyiapkan SDM-nya,” papar Bahrani.

“Setidaknya, ada dokter spesialis penyakit dalam, dokter obgin (obstetri dan ginekologi, red), dokter anak, dokter bedah dan juga dokter spesialis anastesi,” pungkasnya.(*/bl)

Baca Juga  Latih 72 SDM Kepariwisataan, Dispar Kutim Gandeng MUA Balikpapan dan Designer Busana Samarinda