Sangattaku

Jimmy Pastikan, Komisi C DPRD Kutim, Kawal Pembangunan Pelabuhan Kudungga

Sangattaku.com – Jimmy Pastikan, Komisi C , Kawal Pembangunan Pelabuhan Kudungga. Proses pembangunan Pelabuhan Kudungga yang berlokasi di Dusun Kenyamukan, sudah sekian lama tersendat. Tahun depan, pembangunan pelabuhan tersebut akan kembali dilanjutkan.

Memastikan hal itu, Anggota Komisi C DPRD , Jimmy menegaskan akan mendorong dan mengawal proses jalannya pembangunan pelabuhan yang bilamana rampung tersebut, diyakini akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar.

Jimmy menjelaskan, bahwa beberapa waktu lalu, Komisi C DPRD telah melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Komisi 5 DPRD RI guna memastikan rencana kelanjutan pembangunan Pelabuhan Kudungga. Dikatakan Jimmy, Komisi C ingin memastikan secara langsung, APBN yang akan dikucurkan untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

“Dari kunjungan Komisi C kemarin, DPR RI sudah sedang membahas tentang nilai untuk memasukan APBN di sana,” papar Jimmy (03/11/2022).

“Sekitar Rp 70-80 miliar untuk sisi daratnya,” sambung Jimmy kemudian.

Jimmy Pastikan, Komisi C DPRD Kutim, Kawal Pembangunan Pelabuhan Kudungga
Suasana Kunker Komisi C DRPD ke Komisi 5 DPR RI.(/ist)

Kembali Jimmy juga menegaskan, pihaknya juga akan memonitoring anggaran yang akan digunakan membangun jalan lintas (causeway) menuju pelabuhan. Anggaran pembangunan causeway ini rencananya akan dikucurkan PT Kaltim Prima Coal (KPC) melalui dana CSR-nya.

“Dari KPC itu sekitar Rp 30 miliar, itu kontribusi KPC, jelas Jimmy.

“Infonya November ini akan melakukan lelang, sisi darat juga yang menghubungkan antara causeway,” jelasnya malanjutkan.

Untuk penggunann lanjut Jimmy, akan menggunakan sistem anggaran dana kontrak tahun jamak (multiyears), dengan menyasar pembangunan sisi causeway, dan dianggarkan di 2023. Jimmy menilai, dengan anggaran yang cukup besar, dirasa tidak akan ada kendala berarti dalam pembangunan pelabuhan ke depan.

“Ini mencapai 70 miliar dari Dinas Perhubungan , itu untuk multiyears 2023. Saya kira sudah cukup banyak anggaran yang disiapkan pemerintah, baik dari pusat, daerah, bahkan swasta juga terlibat di situ,” ucapnya.

Baca Juga  Bupati Kutai Timur Resmikan Rumah Peribadatan Umat Khatolik

Terakhir, dirinya berharap pembangunan Pelabuhan Kudungga dapat dilaksanakan sesuai target dan rencana.

“Mudah-mudahan Oktober 2023 di HUT Kutim, kita bisa upacara di Pelabuhan itu, targetnya itu, dan mudah-mudahan dapat tercapai,” pungkasnya.(*/bl)

No tags for this post.