Sangattaku

Kasmidi Hadiri Roadshow Hakordia dan Seminar Optimalisasi Pendapatan Daerah yang Digelar KPK

Sangattaku.com – Kasmidi hadiri Roadshow dan Seminar Optimalisasi Pendapatan Daerah yang digelar . Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar roadshow Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) dan Seminar Optimalisasi Pendapatan Daerah dari Sektor Pertambangan Melalui BUMD (16/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Lamin Etam Kantor Gubernur Provinsi Timur () ini dibuka oleh Komisioner Nawawi Pamolango, serta diikuti oleh Gubernur se dan Sulawesi, unsur pimpinan Forkopimda, serta pimpinan kepala daerah se Kaltim.

Kasmidi Hadiri Roadshow Hakordia dan Seminar Optimalisasi Pendapatan Daerah yang Digelar KPK
Wakil Bupati Timur, di sela kegiatan.(foto:/istimewa)

Didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Zubair serta Kepala Inspektorat Wilayah (Itwil) M. Hamdan, Wakil Bupati Kasmidi Bulang turut hadir dalam acara tersebut sebagai perwakilan dari Timur.

Dalam sambutannya, Komisioner Nawawi Pamolango menyampaikan bahwa Harkodia merupakan momentum penyadaran tentang bahaya korupsi, serta mengingatkan pentingnya peran serta anak bangsa dalam misi pemberantasan korupsi di Indonesia.

Adapun tema yang diambil untuk Harkodia kali ini adalah “Indonesia Pulih Bersatu Melawan Korupsi”, ini selaras dengan peringatan Kemerdekaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Roadshow Hakordia dilaksanakan di lima Provinsi, yang diawali dari Kaltim, Bali, Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jawa Barat yang nantinya puncak acaranya akan di gelar di kantor KPK pada 9 Desember mendatang,” ujarnya.

Diacara yang sama, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan bahwa bidang pertambangan khususnya batu bara merupakan salah satu sektor yang paling potensial mampu menunjang PAD bagi Provisi Kaltim.

“Salah satunya melalui BUMD PT Bara Kaltim Sejahtera yang mampu menyumbangkan Rp 285,4 milyar ke kas daerah,” papar Hadi.

Ditemui seusai acara, Kasmidi menegaskan seminar tadi membahas terkait pentingnya mengikuti seluruh aturan yang harus dipenuhi apabila suatu daerah ingin membuat badan usaha, bukan hanya memikirkan keuntungan, tapi harus memikirkan manfaatnya.

Baca Juga  Lebih Dari 70% Paud Hingga SMP Di Kutim, Siap Gelar PTMT

“Tadi disampaikan oleh narasumber, keuntungan itu nomor sekian, yang penting dan utama adalah bagaimana BUMD ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya usai kegiatan, Rabu (16/11/2022).(*/yr)