Dispar Kutim Siap Bangun Fasilitas Gua Maria

  – Dispar siap bangun fasilitas . Hal tersebut dikemukakan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata (), Nurullah, Sabtu (29/11/2021). Dispar Kutim siap bangun fasilitas Penghantar Segala Rahmat ,yang merupakan tempat peribadatan Umat Khatolik, yang baru saja diresmikan oleh Bupati Kutai Timur, .

gua maria
Penghantar Segala Rahmat, Rumah Peribadatan Umat Khatolik dengan segala keindahan alamnya. (foto:Istimewa)

Ditemui seusai acara peresmian tersebut, Kepala Dispar Kutim yang juga turut hadir, menyatakan senada dengan pandangan Bupati. Kepala Dispar Kutim juga berpendapat, tempat peribadatan tersebut memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik wisatawan religi, khususnya umat Khatolik.

“Kami (Dispar) akan segera membangun fasilitas pendukung, baik akses menuju lokasi Gua, maupun fasilitas lain yang belum tersedia,” ujar Nurullah.

Nurullah mengaku, pihaknya akan segera menyusun perencanaan dasar. Hal tersebut, sebagai salah satu daya dukung untuk bisa menjadi destini wisata religi.

Lebih jauh, Dispar Kutim akan terus berusaha mengoptimalkan dalam mempromosikan tempat tersebut. Dirinya meyakini, memiliki daya tarik unik tersendiri. Terlebih destini wisata religi, masih tergolong jarang di Kalimantan Timur, terkhusus di Kutai Timur.

Selain dinilai memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa, lokasi yang terletak di Gunung memiliki nilai historis tersendiri.

“Gua Kongbeng juga mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang bagi Kalimantan Timur, khususnya pada masa Kerajaan Kutai, ini yang perlu terus kita jaga dan lestarikan,” tuturnya pula.

Gunung Kongbeng yang terletak antara Kecamatan Wahau dan Kongbeng, menjadi sebuah kombinasi yang menarik. Pasalnya, wisatawan religi yang berkunjung akan pula bisa menikmati suguhan indahnya wisata Batu Karst alami.

Selain itu, banyaknya tanaman dan pohon endemi pulau Kalimantan yang masih terjaga dan terawat dengan baik, menjadi nilai lebih keindahan kawasan ini.(/adv/bl)

Baca Juga  Evakuasi Korban Banjir, Polres Kutai Timur Turunkan Puluhan Personil dan Perahu Karet