Sangattaku

Jelang Pilkades Serentak, Polres Kutai Timur Ambil Langkah Pre-emtif Guna Jaga Kondusifitas Kamtibmas

Sangattaku.com – Perhelatan salah satu pesta demokrasi di Kabupaten , yakni Pemilihan Kepala Desa () serentak, telah dijadwalkan dan akan dilaksanakan pada 5 Desember 2022 mendatang.

Dilaksanakan di 77 Desa di 17 Kecamatan yang ada di Timur, tentu saja Desember nanti, oleh semua pihak diharapkan bisa berlangsung aman, tentram dan damai.

Polres Kutai Timur sebagai salah satu instansi yang berkewajiban menjaga pelaksanaan pilkades agar berjalan aman dan kondusif, sedari dini pun telah mengambil beberapa langkah antisipasi.

Salah satu langkah dimaksud, yakni dengan gencar memberikan himbauan dan pendekatan kepada masyarakat, guna memberikan pemahaman, bahwa demokrasi, haruslah berjalan kondusif dengan tanpa harus diwarnai aksi-aksi yang dapat memecah belah persatuan.

Melalui Sat , bertempat di Pasar Induk, Jl Ilham Maulana Kecamatan Utara, hari ini, Rabu (16/11/2022), Polres Kutai Timur melaksanakan himbauan yang mana juga akan mulai rutin digelar di beberapa wilayah di Kutai Timur.

Jelang Pilkades Serentak, Polres Kutai Timur Ambil Langkah Pre-emtif Guna Jaga Kondusifitas Kamtibmas
Kasat Binmas Polres Kutai Timur, Iptu SUparmin beserta anggota saat memberikan himbauan kamtibmas di Psaar Induk, Jl Ilham Maulana, Kecamatan Utara (16/11/2022).(foro:/dok. Humas Polres )

Kasat Binmas Polres Kutai Timur, Iptu Suparmin turun langsung guna memberikan himbauan. Dengan menggunakan Unit Mobil Penerangan Keliling (Penling), Iptu Suparmin beserta anggota, mengajak warga Kota untuk tetap menjaga kamtibmas tetap kondusif menjelang pilkada serentak, 5 Desember 2022 nanti.

“Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kutai Timur akan dilaksanakan pada bulan Desember 2022, tentunya akan ada persaingan antar pendukung calon kepala desa yang dikhawatirkan mempengaruhi situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Kutai Timur,” terang Iptu Suparmin.

“Oleh karena itu, Sat Binmas melakukan kegiatan pre-emtif guna mengantisipasi munculnya gangguan kamtibmas pada saat pilkades, salah satunya dengan melaksanakan penerangan keliling ini,” lanjut Kasat Binmas.

Baca Juga  Peresmian Lamin Adat Kutai di Kampung Belahu Badak, Juriansyah : Ini Satu-satunya Lamin Adat di Sangatta

Kasat Binmas menjelaskan, dalam himbauan tersebut, diharapkan warga masyarakat juga dapat mensukseskan kegiatan pesta demokrasi (pilkades serentak) dengan cara menggunakan hak pilihnya. Diharapkan, warga bisa datang dengan tertib ke TPS dan memberikan suaranya untuk memilih pemimpin di tingkat desanya.

Melanjutkan, Kasat Binmas menilai, perbedaan pilihan, menang atau kalah adalah suatu hal yang wajar di dalam sebuah kompetisi. Untuk itu diharapkannya, baik para calon, maupun pendukungnya, bisa berlapang dada dalam menerima apapun hasil pilkades nantinya.

Iptu Suparmin juga meminta, masyarakat  dapat lebih berperan aktif menjaga kondusifitas dalam menyongsong pilkades serentak. Salah satunya dengan cara, menjadi perpanjangan lidah atas himbauan yang telah disampaikan oleh Binmas .

“Harapannya masyarakat dapat mengindahkan dan menyebarkan himbauan kamtibmas yang kami sampaikan ini, kepada kerabat ataupun sanak saudaranya,” harap Iptu Suparmin.

“Dan untuk seluruh masyarakat, mari bersama-sama mensukseskan pilkades serentak di Kabupaten Kutai Timur dengan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,” tutup Kasat Binmas.(*/bl)