Sangattaku

Persiapkan Sail Sangkulirang 2024, Disbud Gelar Rembuk Budaya

Sangattaku.com – Persiapkan 2024, Disbud Gelar . Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten () mengadakan kegiatan Tahun 2022 dalam rangka mempersiapkan kegiatan Sail Sangkulirang 2024 mendatang.

Rembuk merupakan tradisi yang telah mendarah daging di kehidupan masyarakat, yang mana merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dengan cara berdiskusi dan mencari solusi dalam rangka mempersiapkan kegiatan yang akan datang.

Dilaksanakan di Teras Belad , Rabu (09/11/2022), Rembuk budaya dibuka Bupati yang dalam hal ini diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Tejo Yuwono.

Persiapkan Sail Sangkulirang 2024, Disbud Gelar Rembuk Budaya (3)
Suasana pembukaan Rembuk Budaya yang digelar di Teras belad Cafe & Resto (09/11/2021).(foto:bl/)

Pada kesempatan ini sebagai ajang untuk mengajak masyarakat membudayakan seni dan budaya di Kutim, nantinya dapat mengangkat martabat kita menjadi bangsa yang diakui masyarakat dunia.

Adapun tema yang diusung dalam rembuk kali ini adalah “Kesiapan Kecamatan dan Kecamatan Sangatta Selatan dalam Rangka Berpartisipasi Pada Kegiatan Sail Sangkulirang 2024”.

Sekretaris Disbud Muhammad Rodiansyah mengatakan bahwa rembuk bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam hal seni dan budaya, diharapkan melalui rembuk ini bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam melestarikan serta menjaga seni budaya agar tetap eksis di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Persiapkan Sail Sangkulirang 2024, Disbud Gelar Rembuk Budaya (6)
Sekretaris Dinas Kebudayaan Kutai Timur, Muhammad Rodiansyah.(foto:bl/sangattaku)

Apalagi memilik kesempatan yang cukup besar dalam memperkenalkan seni budaya daerah (Kutim) kepada wisatawan, baik lokal maupun manca negara saat digelarnya Sail Sangkulirang 2024 nanti.

“Tahun ini mungkin lebih dikaitkan dengan Sail Sangkulirang 2024 menyangkut dengan apa yang disampaikan Pak Bupati (Kutim), seni dan budaya apa yang coba kita mau tampilkan, untuk persiapan Sail Sangkulirang” ucap Rodiansyah saat menyampaikan sambutan.

“Jadi, lebih dititik beratkan ke Sail Sangkulirangnya,” sambung Rodiansyah melanjutkan.

Baca Juga  Menyapa Warga Teluk Lingga, Basti Sanggalangi Pastikan Kawal Aspirasi Masyarakat

“Kegiatan rembuk merupakan salah satu tahapan untuk melaksanakan program selanjutnya,” ujar Rodiansyah saat kegiatan di Teras Belad Sangatta beberapa waktu lalu.(*/bl)