Sangattaku

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Novel Ingin Pemkab Hadirkan Puskesmas Plus di Daerah Pelosok

Sangattaku.com – Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Novel Ingin Pemkab Hadirkan Puskesmas Plus di Daerah Pelosok. Kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat memang sudah menjadi skala prioritas pemerintah. Berdasarkan undang-undang, pemerintah wajib menyediakan sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakatnya.

Anggota DPRD , Novel Tyty Paembonan, meski mengakui bahwa kinerja Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab ) di bidang kesehatan sudah sangat cukup baik, dirinya berkeinginan, untuk Pemkab dapat menghadirkan Puskesmas Plus, khususnya di daerah pelosok.

Untuk diketahui, Puskesmas Plus setidaknya memiliki tenaga medis yang memadai, seperti kebidanan, anak, bedah dan juga penyakit dalam.

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Novel Ingin Pemkab Hadirkan Puskesmas Plus di Daerah Pelosok
Legislator dari Partai Gerindra yang berlatar dokter, Novel Tyty Paembonan.(/ist)

“Dengan adanya Puskesmas Plus ini masyarakat tidak lagi kerepotan menempuh perjalanan yang cukup jauh, ketika mereka ingin berobat karena sudah memiliki Puskesmas yang lengkap,” jelasnya.

“Saat ini yang saya tahu tenaga kesehatan kita, itu sampai ke tingkat Desa. Sampai hari ini menurut saya itu sudah cukup, hanya status tenaga kesehatan ini masih ada yang TK2D, ada yg masih honor,” jelas Novel kemudian berkaitan dengan SDM Puskesmas Plus nantinya.

Sebelumnya Politisi yang memang berlatar belakang dokter ini menyampaikan apresiasinya terhadap Pemkab atas kinerja di bidang kesehatan.

“Pemerintah sudah cukup baik menyiapkan sarana Puskesmas. Itu sudah lebih sesuai dengan aturan kesehatan. Bangunan sudah bukan kayu lagi, tapi sudah beton,” puji Novel.

“Ini saya lihat sudah baik,” ucap Novel manambahkan.

Novel pun memaparkan, bahwa ruangan-ruangan yang ada pun sudah tidak sembarangan lagi, melainkan sudah sesuati aturan. Salah satunya, lanjut Novel, penempatan ruangan laboratorium misalnya, harus sesuai dengan standar yang ada.

Kendati demikian, dirinya berharap, bangunan Puskesmas yang sudah baik tersebut, ditunjang pula oleh manajemen yang baik pula.

Baca Juga  Serapan APBD Baru di Angka 30 Persen, Arfan Sebut Penerapan Sistem Baru Salah Satu Kendala

“Ketersediaan obat, pelayanan kesehatan, harus terjamin agar masyarakat betul-betul merasakan,” pungkas Politisi dari Partai Gerindra itu.(*/bl)

No tags for this post.