Antisipasi Menumpuknya Sampah, Ketua RT. 13 Galakan Kerja Bakti Warganya

– Warga Kelurahan Utara, Sabtu sore (23/01/2021) melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan mereka. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Heru Mulyono, Ketua RT. 13 Utara, kini dijadwalkan rutin dilakukan setiap sore.

Hal ini dijelaskan Heru, guna mengantisipasi menumpuknya timbunan sampah dilingkungannya sebagai dampak ditutupnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di kawasan Pasar Induk. Menurut Heru, selama ini sudah ada petuas yang mengangkut sampah diwilayahnya untuk dibuang di TPS, namun akibat penutupan TPS tersebut, hal itu tidak memungkinkan lagi dilakukan. “Akibat dari penutupan TPS, petugas kami yang menggunakan gerobak motor tidak bisa lagi mengangkut sampah dan membuangnya disana (TPS),  jadi saya berinisiatif untuk melakukan kerja bakti, setelah itu, sampah yang terkumpul kita bakar,” tutur Heru.

Ketua RT. 13, Heru Mulyono, tengah membakar tumpukan sampah pada kegiatan kerja bakti warga RT. 13 Utara, Sabtu (23/01/2021)

Ditambahkannya, selain bertujuan untuk menciptakan yang bersih dan sehat, diharapkan pula kegiatan kerja bakti ini, bisa memupuk kepedulian dan kesadaran warganya akan pentingnya . “Dengan kegiatan kerja bakti ini, selain dapat bersih sehatnya, silaturahmi antar warga bisa terjalin semakin erat, nanti kalau sudah bersih, rapi, kan nanti tumbuh itu rasa kepedulian terhadap lingkungan,” tambahnya.

Berkaitan dengan hal itu, ketika ditanya oleh Sangattaku terkait harapan kedepannya terhadap Pemerintah Daerah, Heru mengutarakan, Pemerintah Daerah harus lebih serius dalam hal penanganan sampah, mulai dari ketersidiaan lahan guna TPS dan TPA, hingga kemudahan akses menuju lokasi TPS atau TPA untuk para pengangkut sampah yang menggunakan motor gerobak roda 3.

Warga RT. 13 Utara, tampak antusias deengan kegiatan kerja bakti yang digagas oleh Ketua RT. 13, Heru Mulyono (23/01/2021)

Selain itu, dirinya juga berharap, dana operasional RT yang ditahun sebelumnya berjumlah 50 juta, bisa dinaikkan hingga 100 juta ditahun ini. Hal ini diungkapkannya, sangatlah dibutuhkan untuk berbagai keperluan dalam peningkatan pelayanan ke warga.

Baca Juga  Roma Malau, Cantik Tak Hanya Soal Make Up, Inner Beauty Yang Utama

“Harapan ke depan, agar dana operasional RT yang telah berjalan ditahun sebelumnya, ditambah dari 50 juta menjadi 100 juta, karena dana tersbut sangat kami butuhkan untuk pelayanan langsung ke warga,” tutupnya.