Sangattaku

Faizal Rahman Sayangkan RSUD Kudungga Belum Miliki Fasilitas Cath Lab

Sangattaku.com sayangkan belum miliki fasilitas Cath Lab. Anggota Komisi B , Faizal Rahman menyayangkan, yang kini telah masuk kategori tipe B, hingga saat ini belum memiliki layanan kateterisasi (Catheterization Laboratory/ Cath Lab) atau penanganan operasi penyakit jantung.

“Rumah sakit kita () saat ini kan sudah tipe B, dan ditunjang anggaran yang besar, masa sih, fasilitas sama layanan kita belum lengkap,” ujarnya, Sabtu (05/11/2022).

Menurut Faizal, pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar, yang oleh pemerintah wajib diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, Faizal menambahkan, pemerintah wajib menyediakan fasilitas yang memadai, baik dari sarana maupun prasarananya.

Faizal juga menyebutkan, bilamana memiliki alat kateterisasi, maka akan semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan, khususnya yang ada di .

“Jadi masyarakat cukup di sudah bisa operasi kateter, apalagi saat ini juga sudah ada dokter spesialis jantung, tinggal alatnya aja (Cath Lab) yang belum ada,” ungkapnya.

Faizal Rahman Sayangkan RSUD Kudungga Belum Miliki Fasilitas Cath Lab
Anggota Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan, Faizal Rahman. (foto: /istimewa)

Politisi PDI Perjuangan itu pun kembali menegaskan, sejatinya, memberikan pelayanan kesehatan secara purna menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab yang harus di lakukan pemerintah kepada masyarakat. Hal tersebut juga menjadi salah satu tolak ukur kemajuan dalam bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang kesehatan.

Dengan dukungan anggaran yang memadai, dirinya mendorong agar pemerintah juga bisa memfokuskan dalam mengalokasikan anggarannya di bidang kesehatan, guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dasar, khususnya di bidang kesehatan.

“Mudahan di APBD 2023 ini bisa di wujudkan dan segera ada (Cath Lab), selain itu yang perlu di support adalah dokter yang akan menangani alat itu (Cath Lab), serta bangunan yang nantinya akan di gunakan,” pungkasnya.

Baca Juga  AWALI MUSRENBANGCAM, RANTAU PULUNG SAMPAIKAN 263 USULAN PROGRAM PEMBANGUNAN

Untuk diketahui, layanan kateterisasi jantung (Cath Lab), merupakan prosedur atau tindakan kardiologi diagnostic invasive. Metode tindakan di Cath Lab adalah tindakan invasif namun tanpa pembedahan. Pasien selama dilakukan tindakan, tetap tersadar dan bisa berkomunikasi dengan dokter dan tim perawat.

Tindakan yang dapat dilakukan di Cath Lab antara lain :

  • PTCA – Pemasangan ring / Stent jantung (pada pasien dengan penyakit jantung koroner),
  • DCA – Penggambaran pembuluh darah jantung,
  • DCA Adhock – Penggambaran jantung sekaligus pemasangan ring / stent jantung,
  • TPM – (Temporary Pace Maker) pemasangan pacu jantung sementara,
  • PPM – (Permanen Pace Maker) Pemasangan pacu jantung menetap,
  • Pericardiosintesis – (Punksi efusi pericard) Pengambilan cairan di lapisan jantung,
  • Holter – Perekaman ekg terus menerus selama 48 jam.(*/bl)